Laman

Senin, 03 Oktober 2011

PENIMBUNAN BERAS MARAK











Pada kasus diatas terdapat beberapa pelanggaran-pelanggaran etika diantaranya adalah :

1. Prinsip Tanggung Jawab

Dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai professional setiap anggota harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan professional dalam kegiatan yang dilakukannya dan harus bertanggung jawab mengembangkan profesi dan memelihara kepercayaan masyarakat. Dalam kasus ini distributor telah melanggar prinsip tanggung jawab karena, distributor tersebut telah menimbun beras di beberapa gudang sedangkan tugas utama dari distributor ialah menyalurkan beras tersebut ke tangan konsumen, dengan kata lain distributor telah mengamaikan tanggung jawab profesinya sebagai distributor.

2. Prinsip Kepentingan Publik

Setiap anggota mempunyai kewajiban untuk senantiasa bertindak dalam rangka pelayanan kepada public dan menunjukan komitmen atas profesionalisme dan anggota juga harus bertindak penuh integritas dengan suatu keyakinan. Dalam masalah ini distributor melakukan penimbunan beras kemudian menjual kembali saat harga beras sudah melonjak naik, hal ini dilakukan demi mendapatkan untung besar demi dirinya sendiri, hal yang seharusnya dilakukan ialah menyalurkan beras yang ada demi terpenuhinya permintaan beras di pasaran.

3. Prinsip Integritas

Suatu elemen karakter yang mendasari timbulnya pengakuan professional. Intergritas adalah tolak ukur dari kualitas yang melandasi kepercayaan public bagi anggota dalam pengambilan keputusan. Dalam kasus ini semua masyarakat telah mempercayakan penyaluran beras kepada distributor, tetapi dengan tujuan memperkaya diri, distributor tersebut lebih memilih tindakan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap dirinya dengan dilakukan penimbunan tersebut.

4. Prinsip Objektivitas

Objektivitas adalah suatu kualitas yang memberikan nilai atas jasa yang diberikan anggota, prinsip ini mengharuskan anggota bersikap jujur dan adil dan tidak berpengaruh kepada pihak lain. Dalam kasus ini seharusnya distributor menyalurkan semua beras yang ada tanpa ada yang harus ditimbun dan lebih transparan dengan hasil kerja yang mereka lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar